Selasa, 30 November 2010

Manusia dan tanggung jawab


Pengertian Tanggung Jawab
Menurut kamus besar bahasa Indonesia Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab merupakan berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya sebagai kesadaran dan kewajibannya.
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik, atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian dan pengirbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Macam-macam Tanggung Jawab
a.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia prbadi. Salah satu contoh kita tanggung jawab terhadap diri sendiri yaitu memelihara, menjaga dan merawat diri kita.
b.       Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan Masyarakat kecil, keluarga terdiri dari suami-istri , ayah ibu dan anak anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga tapi tangung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan pendidikan dan kehidupan. Tranggung jawab di dalam keluarga contohnya adalah seorang ayah yang menafkahi keluarganya itu adalah suatu tanggung jawab, seorang ibu yang mampu merawat, menjaga, mendidik anak-anaknya dan seorang kaka yang menjaga adiknya . itu adalah suatu contoh dalam keluarga, di dalam keluarga tanggung jawab berbeda-beda baik dari ayah ibu, kaka maupun adik.
c.        Tanggung jawab terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusai tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk social. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga mdengan demikian manusia disisni merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lain agat dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertaggung jawabkan kepada masyarakat. Tanggung jawab terhadap masyarakat yaitu salah satunya adalah membantu tetangga atau masyarakat yang kesulitan dalam hal apapun. Atau mempertanggung jawabkan apabila kita mempunyai kesalahan dalam lingkungan sekitar kita.
d.       Tanggung jawab kepada Bangsa/Negeri
Bahwa setiap manusia adalah warga Negara suatu Negara dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma norma atau ukuran ukuran yang dibuat oleh Negara. Manusia tidak dapat berbuat semuanya sendiri bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara. Tanggung jawab kita sebagai seorang pelajar terhadap negara yaitu mengharumkan nama bangsa ini ke kancah internasionala seperti adik-adik kita yang mengikuti kejuaran olimpiade di luar negeri sana mereka berhasil dan dapat mengharumkan nama baik negara Republik Indonesia. Itu adalah salah satu tanggung jawab pelajar terhadap bangsa ini.
e.        Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga dikatakan tindakan manusia tidak lepas dari hukuman hukuman Tuhan. Yang diruangkan dalam berbagai kitab suco melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukuman hukuman  tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika perungatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraikan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah perintah Tuhan. Berarti menginggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan terhadap Tuhan sebagai penciptanya. Bahkan untuk memenuhi tanggungjawabnya manusia harus berkorban. Tanggung jawab manusia terhadap Tuhannya yaitu bagaimana kita tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Tuhan , bagi umat islam tanggung jawab terhadap allah adalah sholat, mengaji dan berbuat baik itu adalah suatu tanggung jawab kita terhadap Tuhan kita .
C. Pengabdian dan Pengorbanan
a.  Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagi perwujudan kesetiaan, cinta, kasih saying, hormat atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan hal itu berarti dia mengabdi kepada keluarga. Lain halnya jika kita membantu teman dalam kesulitan mungkin sampai berhari hari itu bukan pengabdian tapi hanya bantuan saja. Salah satu contoh pengabdian yaitu para guru yang rela mngabdikan dirinya untuk mengajar para muridnya mekipun ia tidak dibayar yang penting ia dapat menyalurkan ilmu kepada para murid-muridnya
b. Pengorbanan
Berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasahn yang tidak mengandung pamrih suatu pemberian yang didasarkan atas kesadara moral yang tulus ikhlas semata mata. Salah satu contoh dari pengorbanan yaitu dimana para pahlawan rela melawan maut demi mempertahankan kemerdekaan negeri ini. Itu adalah salah satu bentuk pengorbanan yang dapat kita teladani hingga saat ini.
Sumber : seri diktat kuliah ilmu budaya dasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar